Kegiatan Belajar Mengajar di SDN Batah Timur 3

Agustus 06, 2018

Kegiatan Belajar Mengajar


Kuliah Kerja Nyata membawa kami pada salah satu Desa di Kecamatan Kwanyar, tepatnya di Desa Batah Timur. Disana kami di tuntut untuk menyusun program yang bersifat proaktif kepada masyarakat. Salah satu program kami sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat adalah dengan terjun mengabdi pada instansi pendidikan yaitu sekolah dasar.

Kami bertugas di salah satu sekolah dasar di Desa Batah Timur yaitu SDN Batah Timur 3, bertempat di Dusun Kotalon. Sebelum melaksanakan tugas di Sekolah dasar kami memperkenalkan diri pada Kepala Sekolah dan jajaran Guru beserta siswa dan siswi SDN Batah Timur 3, selain berkenalan kami melakukan kegiatan mengajar. Yang mendapat respon positif dari setiap sekolah yang kami tuju.

Kegiatan mengajar SD kami dilakukan setiap hari seninnya dimulai dari jam 07:30 sampai 11:00 WIB dilakukan di SDN Batah Timur 3. Diperuntukan siswa dan siswi 2, 4, 5, dan 6. Materi yang disampaikan adalah, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Seni Budaya dan Keterampilan. Penyampaian yang kami lakukan dibawakan dengan metode menyenangkan seperti metode pembelajaran dengan mengajak para siswa dan siswi bernyanyi dan memberikan lomba kepada mereka agar memberikan semangat untuk belajar. Di sela-sela pembelajaran kami melakukan konsep ice breaking dan bernyanyi, diharapkan siswa dan siswi tidak mengalami kejenuhan selama proses pembelajaran.

Awal dari kegiatan ajar mengajar ini hanya sebagai upaya untuk mengisi waktu luang di sela-sela kegiatan KKN, sehingga kami menawarkan bantuan tenaga dan pikiran kepada SD yang ada di sekitar posko untuk membantu dalam proses belajar mengajar. Ternyata apa yang kami dapatkan dari kegiatan ini sangat bermanfaat terutama untuk kesadaran Individu. Mulai dari bertemu dengan guru-guru muda yang menjadi tenaga ajar di SDN Batah Timur yang memiliki semangat juang tinggi akan kepedulian terhadap terwujudnya kualitas pendidikan yang baik bagi anak-anak Desa Batah Timur. Dan siswa-siswi yang kreatif dan memiliki semangat tinggi untuk mencapai cita.

Dari pengalaman tersebut kesimpulan dari kegiatan mengajar kami di SDN Batah Timur 3, bahwa membantu masyarakat tidak selalu tentang yang berbau ekonomi, tetapi melatih diri untuk bersabar dan meningkatkan rasa kepekaan terhadap sosial.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Bagaimana komentar Anda? EmoticonEmoticon