Kegiatan Belajar Mengajar di SDN Batah Timur 1

Agustus 05, 2018
Proses Belajar







Desa Batah Timur merupakan salah satu daerah di kecamatan Kwanyar kabupaten Bangkalan. Di desa ini terdapat tiga sekolah dasar yaitu SDN Batah Timur 1, SDN Batah Timur 2, dan SDN Batah Timur 3. Kali ini kami akan membahas mengenai SDN Batah Timur 1 dimana SDN Batah Timur 1 bisa dibilang merupakan sekolah dasar yang dijadikan panutan di desa ini sebelum adanya SDN Batah 2 dan 3.

SDN Batah Timur 1 terletak di dusun gading. Jumlah siswa pada tahun ini kurang lebih 150 siswa yang terdiri dari kelas satu sampai enam. SDN tersebut tergolong aktif dalam mengikuti berbagai event, baik tingkat kecamatan maupun kabupaten dan mampu meraih berbagai juara. SDN Batah Timur 1 pada saat ini dipimpin oleh seorang kepala sekolah yang bernama ibu Siti Khadijah, S.Pd, M.Pd, yang semangatnya dapat diacungi jempol karena dalam memimpin SDN Batah Timur 1 ini beliau sangatlah disiplin dalam segala hal demi kemajuan dari sekolah yang dipimpinnya.

Semangat beliau untuk memajukan sekolah yang dipimpinnya bisa dibuktikan dengan banyaknya prestasi murid yang telah diraih baik ditingkat kecamatan, kabupaten sesuai dengan apa yang beliau katakanya, “kami tetap gigih memperjuangkan prestasi walau itu di tingkat kecamatan, di tingkat kabupaten, dan kami juga pernah meraih juara di lomba IPA dan Matematika, karena kami memiliki tenaga pengajar di kedua bidang diatas, tenaga pengajar yang tangguh,” ungkapnya. 

Meskipun fasilitas sekolah kurang memadai baik dari ruang maupun jumlah pengajar, akan tetapi kualitas sumber daya di dalamnya patut diacungi jempol. Dengan semangat mengabdi para guru bersinergi untuk membangun siswa menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas tanpa melihat fasilitas. Semangat para siswa yang selalu ingin tahu dan bisa membuat lingkungan pembelajaran semakin bersinar terang.

Pada saat ini SDN Batah Timur 1 sedang mempersiapkan berbagai lomba tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten. Para siswa mayoritas terlibat di dalam ajang perlombaan tersebut dan sangat berantusias dalam berlajar demi mengikuti perlombaan. Bertepatan dengan adanya sekelompok mahasiswa dan mahasiswi yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di desa batah timur, maka kami setidaknya dapat sedikit mengabdi membantu tenaga pengajar di sekolah SDN Batah Timur 1 untuk melatih para murid yang dipersiapkan mengikuti berbagai macam perlombaan seperti gerak jalan, paduan suara ditingkat kecamatan mauapun kabupaten. 

Dari pihak pengajarpun baik kepala sekolah maupun guru di SDN ini menyambut dengan sangat baik dan hangat atas kedatangan kelompok KKN yang ingin membantu mengajar di sekolah ini. selain itu, para murid yang mayoritas rumahnya berada di lingkungan sekitar sekolah yang kebetulan dekat dengan posko tempat mahasiswa dan mahasiswi KKN tinggal, mereka sangat senang dengan kehadiran kami di sekolah dan di desanya, begitu juga dengan kami yang sedang melaksanakan KKNpun ikut senang dengan respon mereka. Selain membantu mengajar di SDN Batah Timur 1, di luar jam sekolahpun kami juga membantu anak-anak SDN untuk menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan oleh gurunya, meskipun tidak ada tugas dari sekolah, mereka masih sangat berantusias untuk terus belajar bersama kami. Sungguh indah dan takjub akan semangat mereka dalam menggapai cita.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Bagaimana komentar Anda? EmoticonEmoticon