Belajar dan Bermain Bersama Generasi Emas PAUD Hidayatus Sibyan

Agustus 02, 2018


Pendidikan menjadi salah satu program yang diusung oleh KKN 51 di  Desa Batah Timur. Selain mengajari di beberapa SD yang ada, kami juga mendapat permintaan secara langsung untuk membantu mengajar di PAUD Hidayatus Sibyan. Undangan tersebut secara langsung disampaikan oleh Ibu Namira selaku satu-satunya pengajar dan pendidik, beliau di diwakili sang suami berkunjung ke posko KKN untuk menyampaikan keinginan tersebut.

Kepercayaan yang diberikan kepada kami menjadi hal yang musti dipenuhi. Hal tersebut dikarenakan sudah pasti lembaga tersebut membutuhkan bantuan untuk mengajar anak-anak. PAUD Hidayatus Sibyan terletak di Dusun Kowandang yang berjarak sekitar 7 KM dari posko. Letaknya cukup jauh dari keramaian.

Ibu Namira menyatakan bahwa berdirinya Paud ini memang ditujukan untuk mendidik anak-anak disekitar rumah. Letaknya yang jauh dari lembaga pendidikan mengakibatkan anak-anak tidak bisa mengenyam indahnya belajar. Anak-anak di dusun Kowandang mayoritas memiliki orang tua yang berpencaharian sebagai petani. Oleh karenanya, mereka kurang mendapat bimbingan karena orang tua mereka harus bekerja sejak pagi. Hal inilah yang menjadi awal inisiatif pengabdian Ibu Namira dan Suaminya agar anak-anak bisa merasakan pendidikan yang memadai di usia emasnya.

Anak-anak usia dini (5 tahun kebawah) memiliki keistimewaan, dimana dimasa ini 80% kepribadian mereka terbentuk. Pendidikan yang baik akan menjadikan anak-anak cerdas dan memiliki pengetahuan yang luas. Dengan adanya Paud Hidayatus Sibyan, mereka akan mendapatkan hal tersebut.

KKN 51 mulai membantu mengisi belajar mengajar sejak hari selasa tanggal 24 Juli 2018. Kami mengisi materi berupa pelajaran membaca, menulis dan menghafal huruf alfabet, huruf hijaiyyah dan angka. Pelajaran mewarnai dan menggambar juga diberikan untuk melatih kecerdasan spasial anak-anak. Selain itu, kami juga memberikan materi do`a sehari-hari agar anak-anak terbiasa melafalkan do`a-do`a tersebut. Setiap satu kli dalam seminggu, anak-anak juga diberikan materi senam dan menyanyi, yang nantinya dapat melatih kecerdasan motorik anak.

Kami merasakan betapa sulitnya mengajar anak-anak di usia dini. Mmengajari mereka sama sulitnya seperti memahat diatas batu, namun ketika ilmu pengetahuan sudah terpahat, mereka seakan begitu cerdas dan hafal setiap apa-apa yang diajarkan. Kami juga merasa sangat senang, karena senyum dan tawa dengan sesekali kenakalan mereka berhasil mengajarkan kepada kami bagaimana arti kesabaran, ketelatenan dan senyuman. Kami sadar, orang tua, bapak/ibu guru ataupun dosen pastilah orang-orang yang sabar, ulet dan penyayang ketika mengajari dan mendidik kami saat kecil dulu.

Terimakasih kami sampaikan kepada Ibu Namira sekeluarga yang telah memberikan kehormatan kepada kami untuk mengajar di Paud Hidayatus Sibyan. Semoga kedepan, lembaga ini semakin baik dan menghasilkan anak-anak yang berbudi pekerti luhur, cerdas, amanah dan berjiwa pemimpin. Kami juga yakin, kelak anak-anak ini akan memberikan kontribusi terbaiknya untuk negeri ini. Aaaamiiiin..

Share this

Hai Sobat ! Saya Muhammad Munir berasal dari Kabupaten Jombang. Mempunyai kegemaran bermain bulutangkis, menulis, dan bermusik. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan strata 1 Teknologi Industri Pertanian di Universitas Trunojoyo Madura. Salam kenal ya !!

Related Posts

Previous
Next Post »

Bagaimana komentar Anda? EmoticonEmoticon