Potensi Tanaman Turi di Desa Batah Timur

Juli 23, 2018


Desa batah timur adalah desa yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian nelayan dan petani. Desa ini terbagi atas enam Dusun yaitu Dusun Batah, Blater, Gading, Koanyar, Koandang dan Kotallon. Dari keenam Dusun tersebut memiliki cukup luas lahan pertanian yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitarnya untuk bercocok tanam mulai dari padi, jagung, terong, dan tanaman turi. Sebagian besar lahan pertanian yang digunakan adalah untuk menanam tanaman turi.

Tanaman Turi merupakan tanaman yang memiliki batang kecil, berkayu lunak dan tingginya 5-12 m. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai tanaman pelindung pohon rambatan bagi tanaman lada atau vanila. Tanaman turi memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi penduduk, dimulai dari daun, bunga dan polongnya yang masih muda bisa dimakan sebagai sayur atau lalapan setelah di rebus. Kulit kayu tanaman turi yang biasa disebut pepaga berwarna merah bisa dibuat obat untuk mengobati sariawan, disentri, murus darah atau mencret.

Selain digunakan sebagai obat-obatan kulit kayu ini juga bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi biasanya diberi nama kayu timor oleh penduduk sekitar. Bunga dan daun tanaman turi ini bisa digunakan sebagai kecantikan oleh para kaum hawa, bunga digunakan sebagai memontokkan payudara dan melancarkan ASI ibu. Sedangkan daunnya sendiri digunakan untuk mengatasi keputihan. Getah yang dikeluarkan dari pepagan (kulit kayu) digunakan oleh nelayan untuk mengolesi tali pancing dan jala agar awet.

Selain itu digunakan sebagai perekat dalam penjilidan buku. Kayu tanaman turi bisa diolah menjadi kertas dengan campuran bambu, setelah dicampur menjadi bubur kayu turi menghasilkan kertas kelas menengah ke bawah seperti koran, majalah, kertas tulis dan barang cetakan murah. Daun tanaman turi digunakan sebagai makanan ternak dan pupuk hijau.

Tanaman turi yang memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat sangat cocok sekali ditanam di daerah yang beriklim panas seperti keenam dusun yang ada di desa batah timur ini, dengan suhu udara yang mendukung akan banyak tanaman turi tumbuh subur. Tanaman turi ini sudah menjadi potensi yang dibudidayakan oleh penduduk desa batah timur ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Bagaimana komentar Anda? EmoticonEmoticon