Hutan Mangrove, Program Pengembangan Potensi Wisata dan Harapan Besar Warga Desa

Juli 19, 2018







Memasuki hari kedua kegiatan KKN, kelompok 51 berkunjung ke lokasi hutan mangrove yang ada di Desa Batah Timur. Hutan mangrove yang menjadi tujuan kami kali ini berada di dusun Gading yang terletak disebelah timur posko KKN 51.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi, kami bertemu dan menyapa para warga desa yang sedang sibuk dengan rutinitas harian. Banyak hal yang kami peroleh pagi itu, senang rasanya mendapat sambutan hangat dari warga yang begitu ramah terhadap pendatang baru seperti kami.

Setelah berjalan sekitar sepuluh menit, kami pun sampai di lokasi hutan mangrove, kami mengamati bagaimana potensi yang nantinya dapat dikembangkan. Mangrove tumbuh begitu lebat sehingga perlu penanganan yang baik dalam pengelolaan potensi wisata yang menjadi salah satu program kerja kelompok KKN 51.

Tentu pengembangan potensi hutan mangrove ini haruslah tetap mempertahankan fungsi alami pohon mangrove. Disamping itu, sampah-sampah yang ada menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk selanjutnya ditangani agar tidak menjadi cemaran lingkungan di hutan mangrove desa Barah Timur.

Program kerja pengembangan potensi wisata hutan mangrove Desa Batah Timur mungkin terlalu ambisius untuk di realisasikan. Namun, kami berkomitmen untuk mengusahakan dan menginisiasi adanya wisata alam sekaligus wisata edukasi ini. Kami juga bekerjasama dengan pemuda desa yang terdiri dari remaja masjid dan karang taruna dalam usaha pengembangan potensi wisata hutan mangrove ini.

Kerjasama ini akan menjadi hal yang patut di apresiasi karena dari awal bapak Kepala Desa dan pemuda-pemuda desa juga memiliki harapan yang besar terhadap terwujudnya wisata alam hutan mangrove di Desa Batah Timur. Dukungan dari mereka nampaknya menjadi pemupuk semangat bagi kami untuk berfikir dan melakukan langkah kongkret demi terwujudnya harapan mereka.

Share this

Hai Sobat ! Saya Muhammad Munir berasal dari Kabupaten Jombang. Mempunyai kegemaran bermain bulutangkis, menulis, dan bermusik. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan strata 1 Teknologi Industri Pertanian di Universitas Trunojoyo Madura. Salam kenal ya !!

Related Posts

Previous
Next Post »

Bagaimana komentar Anda? EmoticonEmoticon